Bunda Cekatan, Ibu Profesional, IIP, Kelas Kepompong

Jurnal Kepompong 2 : Puasa Minggu Kedua

Di puasa minggu kedua ini, saya masih di topik manajemen emosi. Bagaimana saya bisa mengendalikan dan mengatasi emosi saya. Untuk minggu kedua ini lumayan ada perbaikan. Aura kegarangan saya agak berkurang dan lebih santai menghadapi trio bocil yang Masya Allah tingkahnya. Semoga saya bisa terus berbenah diri ke depannya.

#JurnalMinggu2

#KelasKepompong

#BundaCekatan

#InstitutIbuProfesional

Ibu Profesional, IIP, Kelas Kepompong

Jurnal Kepompong 1 : Puasa Minggu Pertama

Yak kita sudah sampai di kelas kepompong. Apa yang akan kita pelajari di sini? Mari buka mind map yang kemarin sudah dibuat. Karena di mind mapping saya ada 4 ilmu yang harus dan ingin saya tingkatkan, jadi mari berusaha meningkatkan kemampuan saya di 4 bidang tersebut.

Minggu ini saya ingin meningkatkan kemampuan dalam bidang pengelolaan emosi. Ya saya orang mood-moodan dan cukup cepat tersulut. Biasa emosi saya lari ke ngomel melulu atau nangis. Di minggu ini saya mencoba mengendalikan “Singa” dalam diri saya, baik dalam mengatasi anak-anak ataupun suami dan juga orang sekitar.

Saya mencoba mencari apa yang membuat saya cepat tersulut dan sebisa mungkin meredam penyebabnya. Minggu ini belum dikatakan minggu yang mulus bagi saya, walau ada sedikit kemajuan. Sedikit sekali. Dan saya kurang puas dengan hasilnya, saya berharap bisa meningkatkan kemampuan saya untuk mengikat si “Singa” dalam diri saya.

#JurnalMinggu1

#KelasKepompong

#BundaCekatan

#InstitutIbuProfesional

Uncategorized

Kapsul Waktu

Mini proyek kampung komunitas adalah membuat kapsul waktu. Isinya tentang rencana yang ingin kita capai sebagai individu, istri, dan ibu. Waktunya terserah kita, mau berapa lama targetnya. Saya memilih 5 tahun ke depan, jadi kapsul waktu saya akan dibuka pada tahun 2025 apakah selama 5 tahun rencana saya bisa terlaksana atau malah berputar haluan? Entahlah 5 tahun lagi baru akan saya ketahui.

Pemilihan wadah. Wadah ini saya pilih karena di rumah banyak wadah bekas selai. Saya nggak pilih yang ember atau kaca, karena saya tidak berniat untuk menguburnya. Ukuran yang kecil pun sengaja saya pilih karena kapsul waktu saya akan di simpan dipojok atas lemari. Sehingga ukurannya yang kecil akan memudahkan si kapsul waktu untuk sembunyi 😁.

Setelah ditulis dan dimasukkan, si kapsul waktu kuberi lakban bening disekelilingnya. Tujuannya agar tidak basah dan tentu saja sulit dibuka.

#KapsulWaktu

#KampungKomunitasIbuProfesional

#Maret2020

Uncategorized

Jurnal Ulat 8 : My Buddy

Untuk jurnal minggu ini, para mahasiswi Buncek diminta untuk mencari Buddy-nya. Yang harus kita lakukan adalah mencari buddy dan berkomunikasi secara personal mengenai suka duka selama di kelas telur dan ulat. Kita pun saling memberi bekal persiapan tantangan 30 hari selanjutnya.

Alhamdulillah setelah proses melamar dan dilamar buddy, saya bertemu dengan mbak Agustin dari IP Bogor. Mbak Titin berbagi aliran rasa selama kelas telur dan ulat sebagai :

Dan sebagai persiapan untuk mba Titin menghadapi tantangan 30 hari, saya punya sedikit bekal di [sini]. Karena kesehatan adalah nikmat utama untuk mengjadapi setiap tantangan dalam kehidupan. Semoga mba Titin dan keluarga sehat selalu 😊

.

.

.

.

#JanganLupaBahagia

#JurnalUlat8

#Materi8

#BundaCekatan

#BuncekBatch1

#BuncekIIP

#InstitutIbuProfesional

Uncategorized

Jurnal Ulat 6 : Bawakan Makanan Kesukaan

Yap, #main6 kali ini kita harus membawakan makanan kesukaan buat teman-teman, minimal 3 orang teman. Saya langsung aja ya 😁

1. Rizky

Mba Rizky yang kelas favoritnya adalah Mpasi dan laktasi, saya bawakan sedikit potluck di sini

Infant and child feeding

Homemade Mpasi

2. Mba Ami

Kebetulan mba Ami sama nih kelas favoritnya dengan saya, jadilah kita bisa sharing potluck komunikasi

Komunikasi dengan AUD

Membangun Komunikasi Efektif dengan AUD

3. Mba Titin

Mba yang satu ini memilih kelas Ratu Dapur dan Kerumahtanggaan sebagai kelas favoritnya. Saya juga suka sih di dapur tapi justru paling dikit punya referensi urusan perdapuran ini 😁

Ada sedikit potluck untuk mba cantik yang satu ini

Aneka Resep Minuman Kesehatan

Aneka Sambal Nusantara

Semoga sedikit potluck yang saya miliki dapat memberi manfaat 😁

#JanganLupaBahagia

#JurnalMinggu6

#Materi6

#KelasUlat

#BundaCekatan

#BuncekBatch1

#BuncekIIP

#InstitutIbuProfesional

Uncategorized

Jurnal Ulat 5 : Camping Ground

Assalamu’alaikum….

Akhirnya sudah sampai di #Main5. Saatnya mendirikan tenda dan menyalakan api unggun. Sambil bercerita dan belajar bersama. Aturan main minggu ini adalah kita mencari teman-teman dan berbagi cerita tentang kelas favoritnya 😍

Beberapa teman yang berhasil saya temukan di camping ground

Mba Ami (IP Tangerang Kota)

Kelas Favorit : Komunikasi

Alasan :

Mba Ami merasa kelas komunikasi ini sangat interaktif dan memberinya banyak ilmu, serta membantunya belajar sesuai mind map yang sudah dibuatnya.

Rizky Septia (IP Bali)

Kelas Favorit : Mpasi dan Laktasi

Alasan :

Menemukan kelas mpasi sama halnya menemukan tulang rusuk. Jadi mpasi adalah hal kedua yang menantang setelah masa menyusui dan melahirkan. Menemukan keluarga mpasi sama seperti mencari tetangaa dekat yang sevisi, semisi dan sehati. Jadi intinyaa adalah.. Keluarga mpasi itu murah berbagi, murah peduli dan murah mendukung.

Iim (IP Bali)

Kelas Favorit : Manajemen Waktu

Alasan :

Alhamdulillah di kelas ini saya tau lebih dalam lagi tentang waktu. Selain memang salah satu keranjang utama saya. Dan banyak banget yang bisa dipelajari disini tentang waktu. Strong why, manajemen waktu dalam islam yang nampol banget ke saya. Tekniknya, sharing diantara membernya. Pun sub belajarnya, fokus dan prioritas, komitmen, podomoro dan bujo. MasyaAllah Tabarakallahu.

Laila Sari Dewi (IP Bali)

Kelas Favorit : Bahasa

Alasan :

Saya gabung di kelas ini karena ingin mencari keluarga yang sama tujuan dalam hal bahasa. Beberapa kali ikut kelas online dalam belajar bahasa, ternyata saya menyadari kalau saya membutuhkan β€œcambuk” positif. Saya tuh orang nya suka envy πŸ˜„ kalau melihat orang lain bisa, saya jadi pengen bisa. Inilah yang bagi saya β€œcambuk” positif. Di keluarga ini banyak sekali yang berbagi dengan senang hati. Mengingatkan saya tentang makanan utama saya.

Suhartini (IP Bali)

Kelas Favorit : Ratu Dapur dan Kerumahtanggaan

Alasan :

Area dapur dan urusan domestik adalah hal yang bisa tapi tidak suka, namun butuh

Di keluarga tersebut saya menemukan bintang2 bahagia, trik2 keren, beljar bareng teman seperjuangan, jadi berasa kesulitan yg selama ini rasanya buntu alhamdulillah tercerahkan dengan taburan ilmu tanpa ampun, banyak banget buibu seroyal itu sharing ilmu dan pengalamannya membuat saya yakin bisa terampil pada part ini❀️

Ikha Farikhah

Kelas Favorit : Pecinta Quran

Alasan :

alasan awal masuk kelas ini karena di mind map saya salah satu makan besarnya adalah mengajarkan alquran.

jadi saya belajar banyak untuk makin cinta dan makin bersemangat mengjafal quran di kelas ini. alhamdulillah, dapat banyak suport dari teman2 yg bahkan sudah selesai menghafal 30juz. semoga ketularan hafalnya juga…aaamiin.

Dian (IP Pekanbaru)

Kelas Favorit : Manajemen Finansial

Alasan :

karena masuk dalam mind map, performance saat go live kemarin bagus, penyampaian nya juga tidak belerlebihan, mudah dimengerti dan menarik, namun belum bisa mendalami semua materi yang disajikan di dalam kelas finansial, butuh waktu lagi untuk mempelajari semuanya.

Esthi Putri Hapsari (IP Salatiga)

Kelas Favorit : Manajemen Waktu

Alasan :

Sesuai kebutuhan yang ingin menjadikan waktu lebih berharga dan berarti. Walau hanya dengan diary. Banyak banget ilmu-ilmu bermanfaat lain di keluarga uluwatu, tapi butuh dikunyah-kunyah yang lama biar bisa tercerna tidak tersedak.

——–

Selama sepekan, saya hanya mampu mengumpulkan segini. Dikit ya πŸ˜”

Nggak apa-apa deh, yang penting sudah berusaha. Oiya semua yang diatas itu kalau ditampilkan dalam diagram jadi begini deh

Semangat untuk materi selanjutnya. Yuk mari nonton go live bareng 😍😍

Oiya saya sering lupa nggak ngisi presensi go live πŸ€¦β€β™€οΈπŸ€¦β€β™€οΈπŸ€¦β€β™€οΈ

.

.

.

.

.

.

#JanganLupaBahagia

#JurnalMinggu5

#Materi5

#KelasUlat

#BundaCekatan

#BuncekBatch1

#BuncekIIP

#InstitutIbuProfesional

Uncategorized

Jurnal Ulat 4 : Ini Makanan Besarku

Sejak awal tahun hingga saat ini, agaknya urusan saya dengan Rumah Sakit masih terus berlanjut. Mulai dari anak yang opname, lanjut ke ibu kandung saya juga opname, sekarang Bapak mertua pun ikutan opname πŸ˜₯. Semoga kami semua akan kembali sehat. Jujur melelahkan sekali urusan per-RS-an ini. Dan maaf kalau saya jadi sedikit curcol πŸ˜….

Tugas jurnal minggu ini adalah tentang makanan besar. Bukan makanan dalam arti sebenarnya tapi makanan dalam arti ilmu yang bisa kita dapatkan. Ilmu yang saya dapatkan khususnya. Dan minggu ini saya masih tergabung dalam keluarga K3B (Kita Keluarga Komunikasi Bahagia). Mengapa saya masih di sini? Karena saya merasa belum cukup memakan ilmu tentang komunikasi. Ya gimana mau cukup, wong waktunya jadi berantakan antara pekerjaan di ranah publik, ranah domestik, anak dan suami, dan bolak-balik RS. Tapi dijalani ajalah pelan-pelan.

Minggu ini saya belajar tentang “Komunikasi dengan Pasangan” yang Dibawakan oleh mba Retno Hapsari yang judulnya “Mari Bicara, Karena Kita Satu Suara”. Ini pun saya terlewat menonton secara live πŸ€¦β€β™€οΈ. Agak kecewa jadinya, tapi tak mengapalah, karena tiada guna disesali.

Banyak yang saya dapatkan dari materi ini, terutama tips berkomunikasi dengan pasangan. Saya merangkum sedikit materi yang dibawakan oleh mbak Retno sebagai berikut.

Pengertian dasar Komunikasi yang merupakan cara menyampaikan pesan kepada pendengar dan pendengar pun paham dan mengerti pesan yang kita sampaikan. Tujuan komunikasi adalah EEP alias Mang Eep yaitu Efisien (pembicaraan sesuai maksud dan tidak ngelantur), Efektif (pesan yang disampaikan dalam komunikasi dapat dipahami dan dimengerti oleh pendengar) , dan Produktif (komunikasi yang berkelanjutan).

Ada beberapa tips dalam komunikasi dengan pasangan antara lain :

Clear and Clarify

  • Adanya perbedaan FoE (Frame of Experience) dan FoR (Frame of Reference) pasangan
  • Komunikasi sebaiknya bersifat KISS (Keep Information Short and Simple)
  • Dalam berkomunikasi sebaiknya tidak menggunakan asumsi

Empati

Bagaimana kita bisa menjadi pendengar yang baik.

Fleksibel

Kita harus dapat memahami kondisi lawan bicara kita

Body Language

Komunikasi terdiri dari komunikasi verbal san non verbal. Pengaruh komunikasi verbal hanya sekitar 7%, sedangkan pengaruh komunikasi non verbal mencapai 93%. Komunikasi non verbal sediri dapat berasal dari body language dan intonasi suara.

Apresiasi

Dalam berkomunikasi sebaiknya kita lebih sering melakukan apresiasi (memberi penghargaan) daripada melakukan evaluasi (memberi kritik).

Mantra Ajaib

Ada 3 mantra ajaib dalam komunikasi, yaitu terima kasih, minta tolong, dan mohon maaf. Usahakan dalam berkomunikasi kita dapat menggunakan kata ajaib ini. Patokan untuk kata ajaib ini adalah komunikasi haruslah berfokus pada solusi, Kita berusaha mengatakan keinginan kita, selalu berusaha fokus pada masa depan, dan Lakukan. Ayo kita lakukan. Mengawali komunikasi yang baik dan benar.

Maaf kalau seminggu ini hanya 1 ilmu yang dapat saya pelajari. Semoga selanjutnya bisa lebih banyak ilmu yang dapat saya pelajari.

#JanganLupaBahagia

#JurnalMinggu4

#Materi4

#KelasUlat

#BundaCekatan

#BuncekBatch1

#BuncekIIP

#InstitutIbuProfesional