Healthy, My Diary

Kau Bukan Anakku !

Apa yang terjadi jika orang tua kita mengatakan hal seperti itu kepada kita? Sakit hati? Tentu saja, itu kalau saya tapi kalau kalian saya nggak tahu. Kejadian ini sebenarnya sudah lama, tapi berhubung hasil tesnya baru keluar, jadi saya mempostingnya baru sekarang. Saya nulis ini hanya sekedar informasi bagi para orang tua*

Orang tua = orang yang sudah punya anak, bukan orang yang sudah tua :mrgreen:

Cerita diawali oleh suatu kecelakaan lalu lintas, yang jadi kornban adalah teman saya (sebenarnya sih temannya teman). Akibat kecelakaan itu dia kehilangan banyak darah dan membutuhkan transfusi. Sebenarnya persediaan darah di PMI cukup, namun pihak keluarga ingin agar merekalah yang menjadi donor untuk anak semata wayang kesayangan mereka ini. Sebelum aktivitas pendonoran, dilakukan pemeriksaan darah kedua orang tuanya dan si anak. Hasilnya, golongan darah si anak tidak sesuai dengan kedua orang tuanya *nah lo*. Hal ini membuat si ayah yang notabene adalah orang yang keras menjadi berang dan membenci anaknya, terutama istrinya karena merasa telah dibohongi selama bertahun-tahun. Si istri berusaha meredakan amarah suaminya, tapi yang ada malah kemarahan ayah yang semakin menjadi-jadi, hingga si ayah mengucapkan kalimat โ€œKAU BUKAN ANAKKU!โ€ pada anaknya. Tentu saja, hal itu membuat temanku sedih, terpukul,sakit hati, dll. Sang ayah juga tidak mau menerima penjelasan dokter yang mengatakan bahwa hal seperti itu bisa terjadi, jadilah teman saya yang awalnya merupakan anak kesayangan berubah menjadi anak yang paling dibenci oleh ayahnya sendiri.

Melihat cerita yang saya sampaikan diatas, masalah yang timbul adalah apakah benar jika golongan darah kita berbeda dengan orang tua kita berarti kita bukan anak mereka? Untuk kasus tertentu memang betul, tapi ada juga yang membuat hal itu menjadi salah. Sekedar info, golongan darah kedua rang tua teman saya adalah A dan dia sendiri O. Saya akan membahas sedikit tentang golongan darah, yang sebenarnya sudah diperoleh di mata pelajaran Biologi waktu SMA. Tapi nggak apa-apalah siapa tahu ada yang belum tahu, seperti para orang tua yang sejenis dengan cerita diatas mungkin.

Penggolongan darah didasarkan pada ada tidaknya aglutinogen (antigen) tertentu di dalam seldarah merahnya. Kita mengenal beberapa sistem penggolongan darah, diantaranya adalah sistem A, B, O; sistem M, N; dan sistem Rhesus (Rh). Tapi yang akan saya bahas hanya sistem A, B, O saja.

Menurut sistem A, B, O penggolongan darah manusia dibedakan atas empat macam, yaitu
1. Golongan darah A, apabila di dalam sel darah merahnya terdapat antigen A yang dikendalikan oleh gen I^A.
2. Golongan darah B, apabila di dalam sel darah merahnya terdapat antigen A yang dikendalikan oleh gen I^B.
3. Golongan darah A dan B, apabila di dalam sel darah merahnya terdapat antigen A dan B yang masing-masing dikendalikan oleh gen I^A dan I^B.
4. Golongan darah O, apabila di dalam sel darah merahnya tidak terdapat antigen A dan B. keadaan ini timbul karena dikendalikan oleh gen I^O yang bersifat sensitif, baik terhadap gen I^A maupun I^B.

Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat dibuat tabel hubungan antara fenotip golongan dara, genotip, dan kemungkinan macam sel gametnya, sebagai berikut :

Hubungan Fenotip, Genotip, dan Kemungkinan jenis sel Gamet
Hubungan Fenotip, Genotip, dan Kemungkinan jenis sel Gamet

Dengan memperhatikan tabel diatas, maka dapat pula dibuat tabel golongan darah orang tua, beserta golongan darah yang mungkin, dan tidak mungkin pada anak-anaknya.

Golongan darah Orang tua dan Anak-anaknya
Golongan darah Orang tua dan Anak-anaknya

Nah, dilihat dari tabel diatas bisa disimpulkan bahwa golongan darah orang tua teman saya itu adalah A dengan genotip I^A I^O, kita sebut saja golongan darah A jenis ini adalah Mud-Blood *HarryPotter mode OFF* :mrgreen: . Golongan darah ini akan menghasilkan 2 tipe golongan darah pada keturunannya yaitu golongan darah O dengan genotip I^O I^O dengan persentase 25% dan golongan darah A dengan persentase 75%. *HarryPotter mode ON again* Golongan darah A yang di hasilkanpun memiliki genotip yang berbeda yaitu golongan darah A dengan genotip I^A I^A (Pure-Blood) sebanyak 25% dan golongan darah A dengan genotip I^A I^O (Mud-Blood) sebanyak 50% *HarryPotter mode OFF*. Hal ini juga berlaku untuk golongan darah B.

Jadi bagi para orang tua, jangan langsung memutuskan bahwa anaknya adalah anak kandungnya atau bukan, penilaian tanpa didukung bukti dan pengetahuan sangat merugikan baik bagi orang tua itu sendiri juga bagi si anak. Jika menemukan kasus seperti diatas dan juga tidak percaya penjelasan dokter maka lakukan tes DNA untuk membuktikannya. Karena selama ini tes DNA adalah cara paling ampuh untuk dapat melihat apakah seseorang itu adalah keturunan kita atau bukan, tanpa adanya gangguan-gangguan lo, seperti hasil tes tertukar, orang yang berniat jahat, dll.

Pada akhirnya ayah teman saya ini mau melakukan tes DNA setelah perjuangan keras dan diskusi alot ibu, anak dan keluarga lainnya. Dan hasilnya sudah keluar, yaitu 100% teman saya itu adalah anak kandung orang tuanya *akhirnya ๐Ÿ˜ฅ *. Ayah? Akhirnya minta maaf atas kesalahannya, anak? Mendapatkan lagi ayah kesayangannya, ibu? Mendapatkan lagi suami tercintanya *happy ending ne ๐Ÿ˜ฅ *

Advertisements

22 thoughts on “Kau Bukan Anakku !”

  1. Ah, akhirnya happy ending ๐Ÿ™‚

    Salam kenal ya… ๐Ÿ™‚
    (Eh udah pernah komen sini belum ya? ๐Ÿ˜• )

    BTW bisa ga ya sang anak minta ganti rugi ke ayahnya atas pencemaran nama baik? :mrgreen:

    *ngaco*

  2. ya.. gw inget masalah ini waktu belajar biologi cuman lupa tentang apa (klo gak selah tentang gen-gen gitu) ๐Ÿ™‚

    memangnya seorang anak harus mempunyai golongan darah yang sama ya dengan ortu kandungnya?’

  3. @ lambrtz

    salam kenal jg ^_^

    BTW bisa ga ya sang anak minta ganti rugi ke ayahnya atas pencemaran nama baik? :mrgreen:

    Bisa banget, Panggil Komnas HAM, Polisi, Jaksa, Perlindungan Anak, hmmm… pa lagi ya? *Sadis Mode OFF*

    @ bang diod
    Emang…,, :mrgreen:

    @ fantasyforever
    ^^

    @ liroesdy
    Iya emang tentang gen-gen gt

    memangnya seorang anak harus mempunyai golongan darah yang sama ya dengan ortu kandungnya?

    Ya iyalah, kec. Golongan darah A ama B ya ๐Ÿ™‚
    Coba kalo ayah O dan ibu O trus anaknya golongan darahnya A. Wah dapet darimana tu??? jangan-jangan tetangga sebelah ikut campur lagi :mrgreen:

  4. Hey…aq novi…
    Thanks banget ya atas penjelasan ini.
    Aq baru lahiran 4 hari yang lalu.
    suami dan aq type darahnya A, eh tiba2 dokter datang ngasi tau kalou anak aq darahnya O.Aq dan suami kaget.
    Suami aq langsung marah2 ga percaya sama dokter.
    katanya anak kami di tukar atau kalou gak itu bayi yang baru aq lahirin katanya bukan anak dia.
    Aq sedih bgt, sumpah…nangis trus yg ga karuan gitu.
    Tapi setelah semua dokter anak kumpul dan jelaskan ke dia baru dia percaya.
    Aq cinta suami dan anak kami yang baru lahir.

    Thanks a lot ya…

  5. kalo kedua parents blood type nya O.. trus saya B?
    apakah ada kejadian seperti itu?
    apakah sy hrs diam2 test dna? :(( :(( :(( :(( :((

  6. Maaf, numpang tanya,
    kalau misalnya si ayah bergoongan darah O, begitu juga dengan si ibu, lalu kalau anaknya bergolongan darah A, B, atau AB,
    maka apa ada kemungkinan kalau anak itu bukan dari kedua pasangan tersebut?
    Tolong dibalas segera, terimakasih.
    -agak urgent-

  7. ^

    kalau misalnya si ayah bergoongan darah O, begitu juga dengan si ibu, lalu kalau anaknya bergolongan darah A, B, atau AB,
    maka apa ada kemungkinan kalau anak itu bukan dari kedua pasangan tersebut?

    bisa dilhat pada tabel “Golongan darah Orang Tua dan Anak-anaknya”
    secara ilmu memang tidak mungkin, orang tua (Ayah dan Ibu) yang memiliki golongan darah “O” menghasilkan anak dengan golongan darah “A, B, atau AB”

    Berhubung saya sendiri bukan dokter, boleh ditanyakan langsung pada yang lebih kompeten (dokter atau yang lain) atau untuk lebih bisa meyakinkan apakah anak tersebut benar anak kedua orang tua (ayah dan ibu bergolongan darah “O”) atau bukan bisa melakukan tes DNA. Dan apapun hasil tes DNA tersebut, mereka (orang tua) tetap orang tua Anda yang sangat berjasa bagi hidup Anda ๐Ÿ™‚

    @ Rully
    Jawabannya sama dengan komentar untuk Lynn

    @ Novi
    Alhamdulillah
    Semoga anak kalian menjadi anak yang soleh dan berbakti pada orang tuanya. Selamat berbahagia ๐Ÿ™‚

  8. lho??? ..aku punya golongan darah O suamiku O juga,,padahal anakku AB… Aku tahu banget dong,,kalau anakku itu 100% anak dari suamiku,,,,apa hal itu bisa aja terjadi..????

  9. Padahal seingat saya,,,pelajaran biologi sewaktu saya di SMP,,katanya,,kl keduanya bergolongan darah O maka golongan darah anak selain dari O ( khusus untuk gol darah O )…tp kenapa disini lain ya…??? Tolong bantu biar tak membingungkan….

  10. ^

    lho??? ..aku punya golongan darah O suamiku O juga,,padahal anakku ABโ€ฆ Aku tahu banget dong,,kalau anakku itu 100% anak dari suamiku,,,,apa hal itu bisa aja terjadi..????

    Entahlah, saya rasa untuk lebih jelasnya bisa dilakukan tes DNA.

    […] kl keduanya bergolongan darah O maka golongan darah anak selain dari O ( khusus untuk gol darah O ) […]

    Coba dibaca ulang bukunya. Karena setahu saya adalah seperti yang saya tulis itu. Masalah pewarisan golongan darah yang menentukan adalah genotip dari masing-masing golongan darah orang tuanya, dan itu juga saya berikan tabelnya. Untuk referensi lain silakan dibaca [Di Sini]

  11. awalnya saya sempat curiga sm istri saya,..karna golongan darah saya A istri saya A tp anak saya O,..untgungnya ada penjelasan tentang ini,…thanks a lot

  12. waahh..aneh y, anak dr ortu darah O dan AB malah g mewarisi golongan ortunya sama sekali.kalo orang yang awam pasti ngiranya tu bukan anak mereka..hiks..

  13. boleh dong saya nanya,,,,saya bergoldar O dan istri B+,,,,anak A+……tolong kasih penjelasan ya,,,,thanks berat

  14. Apakah dalam darah itu ada DNA?Kalo saya donor darah apakah DNA saya ada dalam tubuh si penerima donor darah ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s