My Diary, Religi

Para Saksi Yehuwa

Ternyata pengetahuan saya tentang umat kristen itu dangkal banget, saya tidak mengira bahwa dalam kristen pun terdapat organisasi atau lebih tepatnya aliran underground. Kenapa saya sebut Underground adalah karena aliran ini tidak secara langsung menyebarkan alirannya, mereka menyebut diri mereka sebagai “Saksi-saksi Yehuwa”.

Alasan kenapa saya ingin memposting tulisan ini adalah karena curhatan teman saya yang notabene tergabung dalam saksi-saksi yehuwa. Dia (baca : teman saya) anggap saja bernama Ani, hanya bercerita pada saya soal keikutisertaannya pada aliran ini, entah kenapa hanya bisa bercerita pada saya tapi saya yakin ada ketakutan pada dirinya untuk bercerita pada orang-orang sesama kristen. Karena dia sempat bercerita pada pacarnya dan ibunya dan reaksinya, ucapan satir dan cukup kasar tentang aliran itu. Dari yang ani ceritakan pada saya aliran ini terlarang dalam agama kristen, betulkah itu? saya sendiri juga kurang tahu.

Saksi-saksi Yehuwa adalah aliran yang berada dibawah gereja (sebenarnya bukan gereja, mereka tidak menyebut tempat ibadah mereka sebagai gereja) “Balai Kerajaan” memiliki beberapa buletin diantaranya adalah “Menara Pengawal” dan “Sedarlah”. Saya sempat membaca keduanya, tentunya hanya upaya untuk ingin tahu dan selalu berlindung pada Allah SWT agar saya tak terpengaruh. Ada banyak perbedaan antara Saksi-saksi Yehuwa (SSY) dengan Kristen pada umumnya.

Yang menarik disini adalah Para Saksi Yehuwa ini tidak mengakui adanya trinitas, mereka percaya Allah satu dan Isa (Yesus) adalah allah lain, dalam kitab mereka “Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru” nama Allah dibuat dengan huru “A” kapital sedang Yesus (allah) dengan huruf “a” kecil. Bagi SSY Yesus adalah titasan malaikat Mikhael dan rohkudus adalah kekuatan. Selain tidak mempercayai trinitas SSY juga menghilangkan/mengharamkan adanya simbol-simbol seperti salib, patung yesus, pohon natal termasuk perayaan natal itu sendiri, dll. Sampai-sampai ani melepas semua simbol salib, patung, foto-foto bahkan merontokkan pohon natalnya (padahal saya suka loh liat pohon natal, lucu sih palagi yang hiasannya bagus ๐Ÿ˜ฆ )

Selain semua hal diatas SSY juga mengakui terdapat banyak kesalahan dalam alkitab, tapi yang saya heran mengapa mereka tetap memakai alkitab sebagai pedoman ๐Ÿ˜• Karena setelah saya lihat kitab “baru” mereka ini isinya sama dengan alkitab milik penganut kristen lainnya. SSY juga mengajarkan para wanita untuk menggunakan tudung (jilbab dalam Islam) terutama saat memberi pengajaran.

SSY menyebarkan alirannya dengan cara “door to door” menawarkan pemahaman lebih tentang alkitab, dan secara sukarela mereka akan mengajarkan calon pegikutnya setiap saat, ani mempelajari ini seminggu sekali. Aliran ini sangat ditentang oleh penganut kristen lainnya dan dianggap sesat. Pengikutnya dibenci dan dikucilkan (Yah sama saja dengan aliran yang dianggap sesat oleh Islam). Menurut pandangan saya aliran ini sedikit mirip dengan Islam, karena tidak mempercayai/menerima adanya trinitas, simbol, dll. Dan oya satu lagi SSY sama sekali tidak menerima ajaran yang menganggap bahwa yesus disalib untuk menebus dosa manusia. Sasaran SSY ini adalah semua orang terutama para penganut kristen.

Walaupun mereka memiliki sedikit kemiripan dengan Islam tapi jujur saya juga tidak menerima aliran ini, apalagi cara penyampaian mereka yang bersifat “mengajak”. Saya mendengarkan curhat ani karena dia teman saya dan saya adalah seorang teman yang baik, tapi dalam curhatannya ini mengandung unsur “mengajak” saya masuk ke dalam alirannya.

Postingan ini ditulis oleh cewek paling manis sedunia yang beragama ISLAM, jadi kalau terdengar dangkal maaf sekali, karena saya sama sekali tidak berminat untuk mendalami hanya sekedar ingin tahu. Ingin mendapat respon dari orang-orang yang lebih tahu tentang SSY dan mengapa SSY ditentang. Jadi bagi yang merasa “tahu” mengenai SSY silahkan berkomentar dan bagi yang nggak tahu dan yang penasaran boleh juga berkomentar, nanti saya akan teruskan pertanyaan dan komentar anda pada teman saya.

Advertisements

42 thoughts on “Para Saksi Yehuwa”

  1. Kalo yang ini saya ndak bisa berkomentar apa-apa. Yang jelas ada baiknya bagi kita untuk tidak terlalu larut dalam mempelajari hal ini karena perbedaan keyakinan… cukup secara umum saja.
    Ingat kan dalam surat Al Kafiruun ayat terakhir, “Bagimu agamamu, bagiku agamaku” ๐Ÿ˜‰

    Kalo bagi saya di saat-saat ini, lebih berminat melakukan analisis besar-besaran terhadap kelanjutan aksi Monkey D. Luffy di Impell Down untuk menyelamatkan his big brother, Portgas D. Ace :mrgreen:

    *maniakscanlation.com


    The sea is huge. One day youโ€™ll surely meet nakama who will protect you. Thereโ€™s no such thing as being born into this world to be alone.

  2. Wah, saya malah baru tau lho soal SSY ini..*telat abis*

    Saya mendengarkan curhat ani karena dia teman saya dan saya adalah seorang teman yang baik, tapi dalam curhatannya ini mengandung unsur โ€œmengajakโ€ saya masuk ke dalam alirannya.

    memang agak susah ya untuk bersikap netral saat mendengarkan curhatan model begini..
    Btw, SSY ini apa sudah banyak pengikutnya? Ceritanya asal mula aliran ini dari siapa?
    maksudnya, penggagasnya gitu.. apa dari bali?

  3. Well…saya ga begitu ngerti tentang Saksi Yehuwa ini sih. Mungkin Mbak Rukia bisa konsultasi ke blogger-blogger yang Kristen Protestan (saya bukan), mengingat konon katanya mereka ini berasal dari Adventist. Sementara ini, silakan baca entry di Wikipedia ini aja :mrgreen:

    [link]

    @grace
    Penggagasnya Charles Taze Russell, orang USA. Kayanya jumlah pengikutnya kecil sih, dibandingin denominasi yang lain. CMIIW

  4. Aah, ada kejadian aneh yang saya alami menyangkut SSY ini.

    Ada dua kali rumah saya “kedatangan” newsletter “Sedarlah!”.
    Yang pertama tergeletak begitu saja di teras rumah, sementara bulan depannya yang kedua tiba-tiba nyelip di kaca nako.
    Dua-duanya edisi bulan yang sama pada saat munculnya, jadi jelas ada yang menyebarkan secara diam-diam.
    Saya tidak akrab dengan satupun tetangga di komplek, tapi mereka semua tau kalo kami muslim. Jadi adanya newsletter kaleng ini aneh bin ajaib bin Ali bin Abu Thalib.

    Eh, kita sudah kenalan apa belum ya? ๐Ÿ™„ Salam kenal deh kalo belum :mrgreen:

  5. @ Ghani Arasyid

    Saya juga hanya ingin tahu secara umum saja sih sebenarnya dan tidak berminat untuk mendalami.

    @ grace

    Uda dijawab sama mas lambrtz tu pertanyaannya :mrgreen:

    @ lambrtz

    Terima kasih mas sudah membantu menjawab, karena saya sendiri juga nggak tahu apa-apa tentang aliran ini.

    Mungkin Mbak Rukia bisa konsultasi ke blogger-blogger yang Kristen Protestan (saya bukan)

    Saya kira mas protestan loh ๐Ÿ™‚

    @ jensen99

    Segera meluncur

    @ Fritzter

    Dua-duanya edisi bulan yang sama pada saat munculnya, jadi jelas ada yang menyebarkan secara diam-diam.

    Yup, memang secara diam2 makanya saya sebut “Underground”.

    tapi mereka semua tau kalo kami muslim

    Wah saya kirain mas fritzter ini kristen loh
    *Dikemplang*

    Eh, kita sudah kenalan apa belum ya? ๐Ÿ™„ Salam kenal deh kalo belum :mrgreen:

    Sudah belum ya…??? *Mikir*
    Salam kenal juga deh :mrgreen:

  6. Lah sama dong temanya sama post saya yang terakhir. Saya sudah lama dengar tentang SSY ini. Katanya sih mereka sangat konservatif. Ada film Denmark judulnya Worlds Apart (To verdener) yang membahas aliran ini. Btw, banyak orang Kristen sendiri yang lebih suka menyebut SSY sekte/cult ketimbang denominasi. Walaupun artinya mungkin gak jauh beda, api konotasinya beda banget. SSY itu mirip Islam Ahmadiyah atau Islam Jama’ah, mereka bahkan tidak dianggap bagian dari Kristen. Yang saya tahu dari film Denmark itu, jema’at SSY yang membangkang itu harus diasingkan, meskipun itu adaalah anggota keluarga sendiri. Mereka juga tidak menerima transfusi darah. Celakalah bagi jemaat SSY yang terkena kecelakaan. Karena atas nama iman, mereka mungkin tidak bisa diselamatkan, di dunia.

  7. Saksi Yehuwa ini bisa dibilang Ahmadiyah-nya kaum Kristen… bahkan mungkin lebih ekstrim lagi. Dulu di Indonesia mereka sempat dilarang karena menyebarkan ajaran agamanya terlalu agresif bak salesman kompor, sehingga membuat pihak non-Kristen tidak nyaman (dikira kristenisasi) dan pihak Kristen lain gak enak (dikira merestui tindakan2 agresif semacam itu); sekarang sih katanya sudah dibolehkan lagi.

    Bagi saya pribadi yang beragama Katolik, sih…SY ini memang banyak nyleneh-nya (tentu anda sudah baca halaman wikipedia mengenai kontroversinya). Kalau saya tidak salah, mereka bahkan menganggap ikut upacara bendera dan menghormat ke bendera itu juga ‘haram’.

    Tapi yang sebenarnya membuat SY ini begitu dianggap jelek oleh banyak pihak adalah sifatnya yang agak2 ‘cult’/sekte… macem MLM gitu lah kalo menghadapi orang luar. ๐Ÿ˜•

  8. Eh, baru tau kalo kaum wanita SY saat “mengabar” harus pakai kerudung… soalnya dulu lingkungan saya banyak SY tapi kok ga pake kerudung ya??

    Memang benar kata Catshade, mereka tdk memperbolehkan hormat bendera sampai2 ada anaknya yg dihukum sekolah karena tidak mau menghormat bendera saat upacara senin pagi

  9. Sama dengan CY, cewek2 Jehovah’s Witnesses lingkungan saya juga ndak pake kerudung tuh. ๐Ÿ˜•

    pengharaman simbol, Jehovah’s Witnesses juga mengharamkan perayaan ultah, bahkan ucapan ultah sekalipun.

    Eh, dan lucunya di kampung halaman saya, Kingdom Hall of Jehovah’s Witnesses cuma terpisah dua rumah dari Gereja Pantekosta. ๐Ÿ˜†

  10. Btw, setahu saya perempuan2 SY hanya diwajibkan memakai kerudung (istilah yang lebih tepat dan sesuai alkitab mungkin ‘penutup/tudung kepala’) waktu beribadah… kalau sampai jalan2 di luar mesti pake itu juga, saya rasa kontroversi ‘sekte’ mereka bakal terangkat ke permukaan dan gak bisa sembunyi-sembunyi seperti sekarang. ๐Ÿ˜

  11. @ gentole

    Ada film Denmark judulnya Worlds Apart (To verdener) yang membahas aliran ini

    Punya nggak filmnya? kirim dong mas, saya cari di rental deket rumah nggak ada :mrgreen:

    @ CY

    Eh, baru tau kalo kaum wanita SY saat โ€œmengabarโ€ harus pakai kerudungโ€ฆ soalnya dulu lingkungan saya banyak SY tapi kok ga pake kerudung ya??

    Pertanyaannya uda dijawab sama mas Catshade tuh :mrgreen: dan saya lihat sendiri orang2 SSY yang datang ke rumah teman saya ini menggunakan tudung waktu mengajarkan tentang alkitab.

    @ Catshade

    saya rasa kontroversi โ€™sekteโ€™ mereka bakal terangkat ke permukaan dan gak bisa sembunyi-sembunyi seperti sekarang. ๐Ÿ˜

    Saya juga berpendapat seperti itu, sama halnya dengan Ahmadiyah yang awalnya sembunyi2 tapi akhirnya terbongkar juga *emang apaan terbongkar ๐Ÿ˜• *
    Suatu saat orang2 yang risih terhadap tindakan2 mereka pasti akan membuat semua terangkat ke permukaan. Karena menurut saya cara mereka salah dalam menyebarkan ajaran secara sembunyi2 dan tambah membuat kesan orang2 terhadap aliran ini semakin buruk.

    Aliran ini kurang menghargai orang2 yang telah memeluk agama lain, seperti yang dialami sama mas fritzter atau saya sendiri saat org2 SSY menawari saya utk ikutan mendalami alkitab dan saya langsug pamit pulang sebelum otak saya terkontaminasi :mrgreen:

    @ Reina

    Saya juga baru tahu kok, Awalnya saya juga nggak tahu kalo SSY itu adalah sebuah kontroversi kalau bukan karena teman saya curhat saya nggak akan pernah tahu tentang SSY.

    @ danalingga
    ….
    ….
    ….

    @ Goenawan Lee

    *nyungsep*

    Mas masih kliatan tu kakinya ๐Ÿ˜† :mrgreen:

  12. Hati-hati mas. Saya bukan sok tau di sini. Tapi ajaran tersebut bukan ajaran kristen dan saksi Yehuwa bukanlah ajaran kristen (karena saya sendiri adalah orang kristen). Jadi Yehuwa ini bukan aliran undergroud kristen karena memang mereka bukan ajaran kristen.

    IMO, ajaran ini bukan ajaran yang benar karena memutar balikkan fakta serta target utama yang diserang bukan orang yang berbeda agama melainkan orang kristen sendiri.

  13. Hati-hati mas. Saya bukan sok tau di sini. Tapi ajaran tersebut bukan ajaran kristen dan saksi Yehuwa bukanlah ajaran kristen (karena saya sendiri adalah orang kristen). Jadi Yehuwa ini bukan aliran undergroud kristen karena memang mereka bukan ajaran kristen.

    Terlepas dari status dan sebutannya, tidak bisa dipungkiri kalau SY banyak menggunakan idiom-idiom Judeo-Kristiani (dan saya kira mereka juga merasa sebagai orang Kristen?). Ini sama saja seperti orang-orang Islam arus utama yang bersikukuh bilang Ahmadiyah itu bukan Islam; tetep saja faktanya penganut Ahmadiyah mengaku Islam dan menggunakan teologi dan ritual yang (hampir?) sama dengan yang dipakai Islam.

  14. hmmm ternyata begitu toh, ahmadiyahnya kristen? menarik juga,thanks bro Rian Xavier atas masukannya
    (loh emangnya gw yg punya blog ๐Ÿ˜› hehe)

    Tapi mau apapun agamanya sebaiknya untuk selalu menyebarkan kedamaian bagi seluruh umat beragama lain.

    Buatlah dunia semakin indah dengan perdamaian.

    Damai itu indah bukan?

    Peace and Love
    Red Dog

  15. Pemaparan yang menarik. Saya sungguh senang kalau suatu kenyataan diungkapkan dengan jelas, tidak terkesan disembunyikan.

    Btw, udah tau tentang gereja setan, kan?
    Mereka beribadah dengan salib terbalik, terus acara perjamuan kudusnya pake darah bayi. Mereka menarik jemaat dengan iming-iming freesex. Dalam salah satu sesi acara ibadahnya, masing-masing anggota jemaat disuruh mencari pasangan dan melakukan ‘apa yang diiming-imingi tersebut’. Anak yang merupakan hasil dari perbuatannya itu kemudian dibunuh dan darahnya digunakan untuk perjamuan kudus.
    Bahkan anak-anak yang berusia sekitar tiga belasan tahun sudah ada yang menjadi pengikut aliran tersebut.

    Ah, dunia sudah semakin tua ya.. ๐Ÿ˜€

  16. hmmmm ..
    menarik juga postingannya ..
    saya jadi tergugah untuk berkomentar ..
    nampaknya aliran SSY ini memang benar agama Kristen yg sebenarnya ..
    karena dalam kitab Inzil yg masih absah keasliannya dan hanya tinggal satu2nya berada dinegri nan jauh dsana ..
    karena dalam kitab inzil yg sebenarnya membenarkan bahwa Tuhan hanyalah satu yaitu ALLOH SWT sedangkan Yesus adalah Nabi ..
    Logika nya adalah yesus seorang manusia, kenapa bisa jadi Tuhan ??
    klo Tuhan manusia, berarti Saya juga bisa mencalonkan diri menjadi Tuhan ..
    hehe ..
    kan sama2 manusia ..
    Klo Tuhan itu adalah manusia, brarti esok hari ga akan ada lagi yg berebut ingin jadi Presiden atau wakil rakyat, tapi yg ada malah berebut jadi TUHAN ..

    silahkan kunjungi juga http://aghi182.wordpress.com

  17. @catshade, iya. Seperti itu. Mereka pada awalnya pada saat datang ke rumah-rumah bakalan mengaku sebagai orang Kristen dan kedoknya akan bilang bahwa mereka ingin melakukan PA (pendalaman Alkitab). Setelah itu, baru terlihat mereka aslinya. Banyak yang ikut mereka setelah didatangi begitu. Hati-hati. Dan SY bukanlah Kristen.

    @Red Dog, iya kita harus menyebar damai. Tetapi mereka mengambil jemaah kebanyakan dari kristen dengan memutar balikkan isi Alkitab dengan ‘memelencengkan’ sedikit isinya. Sudah banyak yang kena ini. Target utama mereka adalah orang Kristen memang.

    @haris, Iya mas. Tapi yang itu sudah keliatan bedanya. Kalo SY ini hampir tidak keliatan bedanya dengan kristen.

    @aghi, saya ga mau debat soal agama di sini mas. Tapinya coba pikirkan. Apakah jalan Tuhan itu bisa dimengerti dan dilogikakan menjadi sebuah rumus matematika? Jika jalan Tuhan bisa dilogika dan dirumuskan dalam sebuah matematika, apa bedanya kita dengan Tuhan. Jadi, memang kalo tidak bisa dilogika itu benar karena memang jalan Tuhan tidak bisa dilogika dengan akal dan pikiran manusia. Tiap-tiap agama kan memang memiliki ajaran tersendiri dan keyakinan sendiri, jadi tidak bisa disamakan memang. Percaya atau tidak kembali pada diri kita masing-masing.

  18. @ aGHi 182

    kitab Inzil yg masih absah keasliannya dan hanya tinggal satu2nya berada dinegri nan jauh dsana ..

    Itu hoax…

    klo Tuhan manusia, berarti Saya juga bisa mencalonkan diri menjadi Tuhan ..

    mencalonkan diri jadi makanan singa di kebun binatang saja, lebih pantas…

  19. @ Rian Xavier

    Hati-hati mas.

    Komentarnya buat siapa mas? buat para komentator cowok atau buat saya? kalo buat para komentator cowok sih Ok, tapi kalo buat saya ๐Ÿ˜• Saya ini bukan “Mas” atawa “cowok” tapi “mbak” atawa “cewek” ๐Ÿ˜ฅ apa saya benar2 telah kehilangan kecewekan saya? kok byk yg salah duga dan bilang saya cowok ๐Ÿ˜• ๐Ÿ˜ฅ

    Jadi Yehuwa ini bukan aliran undergroud kristen karena memang mereka bukan ajaran kristen.

    Kalau SSY bukan ajaran kristen, kenapa kitab yang digunakan sama persis isinya dengan Injil yang digunakan oleh penganut kristen, walaupun ada bedanya tapi perbedaan ini hanya terletak pada huruf yang digunakan untuk menyebut Allah, Yesus, dan rohkudus. ๐Ÿ˜•

    @ Catshade

    Terlepas dari status dan sebutannya, tidak bisa dipungkiri kalau SY banyak menggunakan idiom-idiom Judeo-Kristiani (dan saya kira mereka juga merasa sebagai orang Kristen?).

    Saya juga mengira SSY adalah kristen atau bagian dari kristen (setelah melihat idiom2 yg mereka gunakan dan kitab mereka).

    Ini sama saja seperti orang-orang Islam arus utama yang bersikukuh bilang Ahmadiyah itu bukan Islam; tetep saja faktanya penganut Ahmadiyah mengaku Islam dan menggunakan teologi dan ritual yang (hampir?) sama dengan yang dipakai Islam.

    Teologi dan ritual yang digunakan oleh Ahmadiyah memang bisa dikatakan mirip atau bahkan sama, tapi terdapat perbedaan mendasar yang membuat Ahmadiyah dikatakan sesat yaitu Ahmadiyah tidak mengakui Nabi Muhammad sebagai Rasul/Utusan Allah yang terakhir, mereka justru mengakui Mirza Ghulam Ahmad sebagai Nabi mereka dan itu telah berarti mereka telah kehilangan Syahadat mereka yang notabene Syahadat adalah pernyataan keyakinan mereka terhadap Islam dan kitab yang mereka gunakan “Tadzkirah” hanya berisi perjalanan Mirza Ghulam Ahmad, sangat berbeda dengan “Al Quran” yang berisi firman2 Allah SWT.
    Dan tak akan pernah ada seorang manusia pun yang dapat membuat/meniru Al Quran.

    @ Red Dog

    Yup, betul sekali. Memang seharusnya semua agama itu menyebar kedamaian karena damai itu indah :mrgreen:

    @ Haris Suryanegara

    Hiii… Serem amat, kok bisa ada orang yang mempercayai ajaran yang jelas2 udah sesat ๐Ÿ˜•

    @ aGHi 182

    Logika nya adalah yesus seorang manusia, kenapa bisa jadi Tuhan ??

    Menurut Islam, Yesus adalah manusia dan bukan Tuhan karena ia hanyalah seorang nabi yang membawa ajaran agar manusia bertauhid kepada Allah. Dan konteks Tuhan menurut Islam ada pada Asmaul Husna, karena itu yang membedakan “Pencipta” dengan “ciptaan”Nya.
    (IMO) dan saya sangat setuju dengan Asmaul Husna. Misal Allah/Tuhan adalah Maha Melihat dan tidak bisa dilihat, maka jika saya bisa “melihat” atau “mengindrakan” Allah/Tuhan maka dia bukan Tuhan.

    Tapi menurut penganut kristen, Yesus adalah Allah yang mewujud sebagai manusia (atau anak Allah), terlepas dari benar atau salah pemahaman mereka (kristen) adalah Hak mereka dan merupakan privasi mereka dengan Tuhan mereka. Jadi, kita harus bisa menghargai umat agama lain, seperti komentar mas Ghani

    Ingat kan dalam surat Al Kafiruun ayat terakhir, โ€œBagimu agamamu, bagiku agamakuโ€ ๐Ÿ˜‰

    klo Tuhan manusia, berarti Saya juga bisa mencalonkan diri menjadi Tuhan ..
    hehe ..

    ๐Ÿ˜ฏ

    @ jensen99

    Sabar….sabar mas, minum dulu trus tarik napas, buang napas, tarik napas lagi trus tahan 30 menit…. :mrgreen:

  20. *OOT*

    Sepertinya Mbak ini kebalikannya Catshade yang sering dikira cewek :mrgreen:
    (bukan begitu Mbak Catshade?)

    Dan di tengah-tengah kalian ada Fritzter

    *kabur sebelum orangnya muncul*

  21. ^

    ๐Ÿ˜ฅ padahal saya uda pake avatar cewek trus nama juga cewek, kenapa masih dikira cowok ๐Ÿ˜•
    Emang menilai sisi mana kok bisa dibilang cowok ????

  22. *ikutan OOT*
    Masih mending saya ya, mengira bhw ini samaran dari Siwi hehehe… Paling ga, Siwi itu kan perempuan juga ๐Ÿ˜†

  23. Dulu itu saya paling suka minta mereka (SSY) membahas ttg kitab Wahyu. Banyak prediksi tentang masa depan yg dikupas disana, dan “gawat”nya kebanyakan tepat prediksi mereka. hehehe…

    Dulu banyak teman2 Kristen yg memperingatkan saya (takut saya “tersesat” kali, krn dulu saya Kristen), tapi krn butuh informasi bandingan saya cuekin aja. Setelah bbrp saat membaca buletin mereka dan diskusi, memang ada beberapa hal yg mereka benar dan Kristen umum salah krn bisa menimbulkan salah persepsi (ini menurut pendapat saya lho!!!). Dan ternyata teman2 benar, saya memang “tersesat” tapi bukan ke SSY hahaha…

  24. @Rukia, maap2 mbak. Saya kira dulu cowok. Taunya waktu chatting itu. Maap ya ๐Ÿ™‚ Justru itu, karena kitab yang digunakan sama, itu membuat kita sering mengira bahwa sama.

  25. itu…anak2 di himakom menyebut saya sebagai tuhan, dan didit komeng adalah nabinya ๐Ÿ˜†

    jadilah muncul pendapat bahwa anak2 himakom itu sesat semuanya, yang ta’sangkal, “aku ndak sesat. yang sesat itu mereka2 yang menyembahku.” ๐Ÿ˜ˆ

    yeah, yeah, sesat buat sini, lurus buat sana. murtad buat sini, keselamatan buat sana.

    eh, ahmadiyah sendiri belum tentu nabi terakhirnya bukan muhammad, lho. tergantung ahmadiyah yang mana dulu ๐Ÿ˜‰ pernah ta’bahas di tempatku juga, kok.

  26. Peace …..
    Saya banyak kenal dengan Saksi Jehuwa …. pada umumnya mereka secara pribadi baik-baik kok ….

    Umat Kristiani umumnya tidak menyukai mereka karena mereka sering menyerang pemahaman Kristen , simbol-simbol Kristen juga menyerang toleransi Kristen terhadap budaya .
    Tapi toh pihak Gereja tidak begitu peduli terhadap serangan tersebut , dan selalu bersikap : biarin sajalah !

  27. Ck.. ck.. ck..
    Gitu aja koq pada repot…

    Lha wong penjelasan dr para SSY itu masuk akal dan logika koq!

    Perhatikan dech, Yehuwa yg disebutkan oleh SSY itu adl nama pribadi dari Allah atau TUHAN. Nah, logikanya begini nih, Ortu kita pasti punya nama kan? Presiden2/ PM diseluruh dunia punya nama juga kan?

    Jawaban dari pertanyaan itu, dengan yakin kita jawab, ya!

    Selanjutnya, didunia ini ada lebih dari 2 juta keyakinan dan agama juga sekte2. Masing2 punya Tuhan/ Dewa-nya sendiri2. Sbg contoh, tak cukup satu, masing2 org2 di India punya paling sedikit 1 atau 2 “Tuhan” dirumahnya, dan “Tuhan2” mereka ada panggilannya.

    Kenapa kita bila berdoa atau beribadah harus menggunakan nama Tuhan yg benar dan kita yakini?

    Jawabannya jelas, agar tidak nyasar ke Tuhan2 yg lain, yg faktanya ada lebih dari 2 juta nama!

    Ilustrasinya:
    Kita kalau mw mengirim surat, pasti dong, harus ada yg dituju (Nama penerima, alamat lengkap), agar petugas pos tidak keliru mengirimkannya. Dan harapan kita selanjutnya, mendapat surat/ kabar balasan dari yg kita tuju.

    Masih banyak penjelasan dari SSY yg harus dicerna dg baik, ibarat makan, tidak langsung ditelan, ttp harus dikunyah dulu sampai halus, agar tidak keselek.

    Utk penulis kisah Ani yg manis.

  28. @Rukia
    Tiap orang mungkin beda dalam doktrin teologis. Doktrin yang satu mungkin kekejian bagi doktrin yang lain. Namun meminjam bahasanya dnial di salah satu komen di gentole: “what next dari iman itu yang penting”. Buah dari iman itu yang bisa perhitungkan baik atau tidak.
    .
    Siapa kita kok bisa menilai iman orang. Islam pun punya prinsip yang praktis: untukku agamaku, untukmu agamamu.
    .
    Sementara kekristenan punya satu parameter unik–yaitu bahwa pohon dilihat dari buahnya. Bukan batangnya, bukan rantingnya, bukan akarnya tapi buahnya. Buah dari imannya itu. What next dari iman.
    .
    Saksi Yehuwa sangat concern kepada akar, batang dan ranting. Betul Casthade bilang: mirip MLM.
    .
    NB: gatau cara ngilangin moderasi :((

  29. @all
    Saksi-Saksi Yehuwa baik-baik. Ahmadiyah juga baik-baik. Jadi inget kata Alkitab: Sodom juga baik-baik. Lembut bak taman eden. Makmur bak negeri mesir. Itu sebabnya Lot tergoda untuk berkemah dekat mereka. Mungkin karena terinspirasi kisah penghancuran kota Sodom inilah terjadi penghancuran terhadap aset-aset Ahmadiyah.
    .
    wew

  30. siapa blg SSY=Ahmadiyahnya kristen.Ajaran mereka benar tp disalahkan diantaranya :
    -Yesus bukan lahir bulan desember(gak ada catatan dlm Alkitap )
    -Yesus tdk pernah di salip (tp disebuah tiang lurus)
    -Merayakan natal bukan printah dalam Alkitap

  31. Kenapa kita bila berdoa atau beribadah harus menggunakan nama Tuhan yg benar dan kita yakini?

    Jawabannya jelas, agar tidak nyasar ke Tuhan2 yg lain, yg faktanya ada lebih dari 2 juta nama!

    Itu kan kalo anda menganut politeisme ๐Ÿ˜† Buat saya yang masih monoteis, kalo berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, apapun nama yang dipake, ya nyampenya ke Tuhan yang itu-itu juga. ๐Ÿ˜›

    siapa blg SSY=Ahmadiyahnya kristen.Ajaran mereka benar tp disalahkan

    Kalo saya bilang Ahmadiyah itu adalah ajaran Islam yang ‘benar tp disalahkan’, situ mau jawab apa? Pada akhirnya ya kembali ke iman masing2 tho… masalah akidah/teologi tak usahlah dibanding-bandingkan ๐Ÿ™„

    Maksud saya menyerupakan kontroversi SSY dengan Ahmadiyah bukan pada soal keimanan per se, tapi lebih ke efek sosialnya; sama-sama dikucilkan oleh institusi arus utama karena identitas yang ‘beda sendiri’ dengan aliran/tarekat/denominasi lain.

  32. @ CY

    hmm…

    Dan ternyata teman2 benar, saya memang โ€œtersesatโ€ tapi bukan ke SSY hahahaโ€ฆ

    ๐Ÿ˜ฏ trus “tersesat” kemana bang?

    @ Rian Xavier

    dimaapken ^^

    @ joesatch yang legendaris

    ituโ€ฆanak2 di himakom menyebut saya sebagai tuhan, dan didit komeng adalah nabinya ๐Ÿ˜†

    ๐Ÿ˜ฏ

    eh, ahmadiyah sendiri belum tentu nabi terakhirnya bukan muhammad, lho. tergantung ahmadiyah yang mana dulu ๐Ÿ˜‰ pernah taโ€™bahas di tempatku juga, kok.

    Yup, saya tahu, tapi tetep saja saya nggak sejalur kalau sudah ngomongin aqidah sama pengikut Ahmadiyah.

    @ Goen

    *jual kacang goreng*

    Bang… *teriak* beli kacangnya :mrgreen:

    @ jensen99

    …. buat bang jensen pasti digratisin deh :mrgreen:

    @ A-RI

    Yup, pemeluk SSY pada dasarnya memang baik-baik kok dan saya nggak pernah bermasalah dengan yang satu ini.

    @ Pembela

    Kenapa kita bila berdoa atau beribadah harus menggunakan nama Tuhan yg benar dan kita yakini?

    Jawabannya jelas, agar tidak nyasar ke Tuhan2 yg lain, yg faktanya ada lebih dari 2 juta nama!

    ๐Ÿ˜ฏ
    Wah, Tuhan anda banyak yach, kalau Tuhan saya cuma satu tuh, jadi nggak mungkin nyasar :mrgreen:

    @ rudi

    Siapa kita kok bisa menilai iman orang. Islam pun punya prinsip yang praktis: untukku agamaku, untukmu agamamu.

    hohoho, saya nggak menilai iman seseorang. (IMO) nggak ada satu manusiapun yang berhak menilai iman seseorang kepada Tuhan, coz itu murni hak Tuhan. Apakah seseorang dikatakan telah “benar” dalam imannya kepada Tuhan? hanya Tuhan yang berhak nentuin.

    Mungkin karena terinspirasi kisah penghancuran kota Sodom inilah terjadi penghancuran terhadap aset-aset Ahmadiyah.

    Saya pun nggak setuju dengan yang satu ini, anarkis kok yo diplihara. Nggak ada satupun agama yang mengajarkan kekerasan terhadap sesama.

    @ ndo

    Sabar bang…
    Minum dulu gih, biar tenang :mrgreen: *nyodorin air*

    *sepertinyainisalahsatupengikutssy*

    @ Catshade

    Itu kan kalo anda menganut politeisme ๐Ÿ˜† Buat saya yang masih monoteis, kalo berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, apapun nama yang dipake, ya nyampenya ke Tuhan yang itu-itu juga. ๐Ÿ˜›

    Yup, same with me *tos*

    Maksud saya menyerupakan kontroversi SSY dengan Ahmadiyah bukan pada soal keimanan per se, tapi lebih ke efek sosialnya; sama-sama dikucilkan oleh institusi arus utama karena identitas yang โ€˜beda sendiriโ€™ dengan aliran/tarekat/denominasi lain.

    betul juga (thinking)
    seharusnya kita tetap bisa hidup berdampingan kan, coz baik pengikut SSY maupun Ahmadiyah nggak semua jahat, seharusnya perbedaan bisa dihargai ๐Ÿ˜ฆ

  33. maap, ngeOOT dikit

    CY

    *ikutan OOT*
    Masih mending saya ya, mengira bhw ini samaran dari Siwi heheheโ€ฆ Paling ga, Siwi itu kan perempuan juga ๐Ÿ˜†

    Siwi yang mana itu CY?
    kamu kok yakin kalo Siwi itu perempuan?
    sapa yang bilang eh?
    kok kamu gampang percaya gitu?

    wooo…

    Kalo yang dimaksut Siwi itu saya… jelas ndak mungkin ini samaran saya…

    saya ndak serelijiyus mbak Rukia yang beragama ISLAM.

    ๐Ÿ˜€

  34. Saya setuju sekali dengan Saudara/Saudari “Pembela”

    Saya mengenal bayak sekali SSY , Mereka orang orang yang baik, Jujur, Sopan, tidak melangar Hukum alkitab atau hukum di Dunia ini , Mereka tidak salaing bunuh, saling benci,saling iri atau dengki , Yang di ajarkan di SSY cuma tentang Kasih, kasih, dan kasih, Hormat menghormati. kalau saya lihat mereka memperaktekkan Agamanya sesuai alkitab Kristen kok ..apa yang Jesus Perintahkan …itulah yang mereka lakukan.

    Salam Damai untuk semuanya

  35. Ada 2 hal yang nampaknya kurang sesuai dari penjelasan mb di atas
    yang pertama, saksi yehuwa (SY saja kita sebut) tidak mengharuskan memakai tudung pada saat mengabarkan alkitab.
    yang kedua, SY tidak berniat sama sekali untuk mengajak dan mengkristenkan umat agama lain.. dari pendapat saya SY sifatnya mengabarkan kabar baik yang mereka peroleh, dalam artian kalau kita dapat berita baik tentu kita akan berbagi kabar baik dengan orang lain bukan? Apalagi kalau kabar baik itu adalah ttg keselamatan.
    jadi perkara selanjutnya umat lain mau ikut atau tidak itu terserah mereka.
    mungkin itu yg bisa saya tambahkan.. sekali lagi sy scr pribadi mendukung Indonesia sbg negara Pancasila jadi mari kita hidup berdampingan dengan damai ๐Ÿ™‚
    Dan saya bukan SY.. jadi mohon maaf kl ada yg kurang berkenan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s