Bali, Just for Fun, Life, Masakan

Cooking Time^^

Libur…libur…libur… Akhirnya saya libur, saatnya bersantai :mrgreen: dan hari ini saya nggak punya kerjaan, jadi saya mau main main di dapur dulu *dah lama nggak ke dapur*. Hari ini, saya mau buat Macaroni Schotel, sudah pada tahu macaroni schotel kan, daripada beli mahal-mahal mending buat sendiri, dan ternyata hasilnya enak juga :mrgreen: Yukz kita mulai aja buat Macaroni Schotel ala Rukia :p

Sekarang siapin dulu bahannya, ini dia bahan-bahan yang diperlukan

Bahan
250 gr Macaroni
1 buah Bawang Bombay, cincang
3 siung Bawang Putih, cincang
6 buah Sosis Sapi/Ayam
300 ml Susu cair
5 butir Telur
50 gr Tepung Terigu
200 gr Keju, parut
250 gr Wortel, potong dadu kecil
200 gr Kentang, potong dadu kecil
Daun Bawang dan Seledri secukupnya
Garam dan Gula secukupnya
Merica bubuk
Pala bubuk
Saus Tomat
mentega untuk menumis

Gini nih cara buatnya
Cara Buat
1. Rebus macaroni dalam air mendidih sampai matang, beri minyak sedikit supaya nggak lengket.

2. Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan mentega sampai layu dan harum baunya, masukkan wortel dan kentang yang telah di potong dadu, masak sampai wortel dan kentang setengah matang. kemudian masukkan sosis dan masak lagi hingga wortel dan kentang matang.

3. Tambahkan kaldu ayam, garam, gula, merica, dan pala, aduk rata, kemudian masukkan saus tomat dan 3 butir telur yang telah dikocok lepas, aduk rata. angkat, sisihkan.

4. saus susu : lelehkan 1 sdm mentega, masukkan tepung terigu dan aduk dengan cepat agar tidak menggumpal. Masukkan susu cair dan aduk rata hingga saus mengental, bubuhi garam, merica, dan gula. Angkat dari api, masukkan 2 butir telur yang telah dikocok lepas dan aduk cepat hingga rata.

5. Campurkan macaroni, tumisan wortel-kentang-sosis ke dalam saus susu, kemudian aduk rata, Tuang dalam pinggan tahan panas/ loyang ukuran 24 cm yang telah dioles mentega. Taburi keju parut di atasnya.

6. Panggang dalam oven kira-kira 1 jam dengan suhu 180 derajat celcius.

7. Angkat dan dinginkan, kemudian keluarkan dari loyang dan sajikan πŸ™‚

Dan ini dia hasilnya

macaroni schotel ala rukia^^
macaroni schotel ala rukia^^

Gimana mau mencoba? nggak sulit kok πŸ™‚ Oya ada satu lagi ni yang mo saya bagi, berhubung hari ini adalah Hari Raya Galungan buat para umat Hindu di manapun berada dan khusunya di Bali. Saya yang nggak ikutan ngerayain juga kena imbas nih, di rumah jadi banyak makanan, terutama buah πŸ™‚ dan bagusnya, ada pisang kepoknya nih. Karena ada pisang kepok, saya mau buat pisang goreng, tapi bukan pisang goreng yang seperti di dagang gorengan yang digorengnya pakai tepung. Bahannya gampang banget, lihat yuk πŸ˜‰

Bahan
4 buah pisang kepok
mentega untuk menggoreng
keju
permen warna-warni
susu kental manis

Cara buatnya

1. Lelehkan 2 sdm mentega, masukkan pisang dan goreng sampai agak kecoklatan. Angkat

2. Letakkan pisang di piring (1 piring, 2 buah pisang) dan gepengkan pisang.

3. Taburi dengan keju parut, permen wana-warni dan terakhir beri susu kental manis. sajikan. Mudahkan^^

Ini dia hasilnya

hmm... yummy :mrgreen:
hmm... yummy :mrgreen:

hmm… ternyata lebih menarik denagn susu coklat. Tapi berhubung susu coklat di rumah lagi habis dan saya malas keluar, jadi susu kental manis putih nggak apa-apalah ;), dan oya permen warna-warninya yang kecil-kecil ya biar manis, kalau pakai yang ukuran besar kan aneh kliatannya πŸ˜• Oya satu lagi, pisangnya wajib dipenyetin alias dibikin gepeng setelah digoreng supaya rasa manis dalam pisang keluar dengan baik dan bisa menyatu dengan rasa asin yang muncul dari mentega, dan selamat menikmati dengan ditemani secangkir kopi di sore yang indah ini πŸ˜‰

Btw, lupa. Selamat Galungan dan Kuningan bagi teman-teman yang merayakan ya πŸ˜‰

Advertisements

15 thoughts on “Cooking Time^^”

  1. @ itikkecil

    :mrgreen:

    *ngelap iler*

    *kasih serbet*

    @ cK

    Emang alasannya nggak bisa nyoba kenapa mbak?

    @ Abu Geddoe

    :mrgreen:

    @ grace

    Yah, ga ada oven… 😦

    Jangan sedih grace, sini saya pinjemin, tapi ambil sendiri ke Bali ya πŸ˜†

    @ lambrtz

    πŸ˜†

  2. makaroni schotel itu mirip2 misoa/miswa ya? cuma makaroni-nya diganti mihun πŸ˜•

    pisang goreng-nya kayanya enak πŸ˜›

    *coba2 mencomot*

  3. @ Arm

    makaroni schotel itu mirip2 misoa/miswa ya? cuma makaroni-nya diganti mihun πŸ˜•

    hmm….
    Tapi misoa kan ga di panggang, tapi kalo dari tampilan mirip sih πŸ™‚

    @ dana

    minta dunk

    sini ambil sendiri ya :mrgreen:

    @ Disc-Co

    bisa pake microwave buat pengganti oven tidak? πŸ˜•

    Bisalah microwave bukannya sama aja ma oven cuma dia itu otomatis aja πŸ˜‰

  4. @ sanjisan

    Feed me…, feed me….. ~_~

    Ayo buka mulutnya *nyuapin pake sendok sayur super gede* :mrgreen:

    @ frozen

    saya ingin bisa massssaaaaaaaaaaaaakk!! >_<

    Belajarlah nak πŸ˜‰

    *tapi saya masak air saja lupa ngangkat, dodol banget*

    ah saya dulu pun begitu :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s